MANFAAT KOPI




Kopi adalah minuman wajib bagi gue, puyeng nih kepala kalo belom ngopi. apalagi pas nglembur tugas kuliah, kopi wajib ada disamping laptop ditambah cemilan sama r***k. Kebanyakan orang gak mau minum kopi katanya takut gak bisa tidur lah, sakit perut lah. I tu cuman sugesti lo doang cuy, apalagi kalo lo minium kopi saset instan ya jangan protes kalo lo sakit perut. Kopi ada banyak macamnya, kayak Robusta, Arabika, Bluemontain, dan masi banyak lagi.
cara penyajianya pun juga berbeda-beda. Tapi sayangnya di Indonesia kop yang kualitasnya bagus banyak yang di ekspor, nah kita cman kebagian sortirannya doang, kalo mau yang kualitasnya bagus musti rogoh kocek agakdalem,

tau gak ternyata kopi itu banyak manfaatnya. nih beberapa manfaat kopi yang gue dapet dari situs grosiramozanplus.com

1. kopi bisa meningkatkan energi dan membuat anda lebis cerdas

kopi dapat meningkatkan energi karena mengandung stimulan yang disebut kafein, yang sebenarnya adalah zat psikaktif yang paling umum dikonsumsi di dunia. Setelah anda minum kopi, kafein diserap ke dalam aliran darah yang kemudian mengalir sampai ke otak. Banyak uji coba terkontrol pada manusia yang menunjukkan bahwa kopi meningkatkan berbagai aspek dari fungsi otak. Yakni termasuk memori, suasana hati, kewaspadaan, tingkat energi, waktu reaksi dan fungsi umum kognitif.

2. kopi dapat membantu membakar lemak

Apakah anda tahu bahwa kafein ditemukan di hampir setiap suplemen pembakaran lemak komersial? Ada alasan baik untuk itu. Kafein merupakan salah satu zat alamai yang benar-benar terbukti mebantu pembakaran lemak. Beberapa studi menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan tingkat metabolisme tubuh sekitar 3-11%. Studi lain menunjukan bahwa kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10% pada orang dengan obesitas dan 29% pada orang kurus. Namun, ada kemungkinan bahwaefek ini akan berkurang pada peminum kopi jangka panjang.

3. Kafein dalam kopi bisa meningkatkan kunerja fisik

kafein meerangsang sistem saraf, menyebabkan ia mengirim sinyal ke sel-sel lemak untuk memecah lemak tubuh. Tapi kafein juga meningkatkan epinefrin(adrenalin) dalam darah, yang merupakan hormon yang dirancang untuk membuat tubuh kita siap untuk berktifitas fisik yang intens. Kafein membuat sel-sel lemak memecah lemak tubuh, melepaskan mereka ke dalam darah sebagai asam lemak bebas dan membuat mereka tersedia sebagai bahan bakar. Karena itu, sangat masuk akal untuk minum secangkir kopi kental sekitar setengh jam sebelum anda ke gym.

4. Nutrisi penting dalam kopi

Kopi lebih dari sekedar air berwarna hitam karena terkandung banyak nutrisi di dalam bijikopi, seperti : Riboflavin(Vitamin B), Asam pantotenat (Vitamin B5), Mangan dan Kalium, Magnesium dan Niacin (B3).

5. Kopi bisa menurunkan resiko diaetes tipe II

Diabetes tipe 2 merupakan masalah kesehatan yang sangat besar, yang saat ini melanda sekitar 300 juta orang di seluruh dunia. Penyakit ini ditandai dengan gula darah dalam konteks resistensi insulin atau tidak mensekresi insulin.

6. kopi dapat melindungi anda dari Alzheimer dan Demensia

penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegenerasi yang paling umum dan penyebab utama demensia di seluruh dunia. Penyakit ini biasanya mempengaruhi orang-orang yang berusia di atas 65 tahun. Beberapa studi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit Alzheimer.

7. Kafei bisa menurunkan resiko Parkinson

Penyakit Parkinson adalah penyakit neurogeneratif yang paling umum kedua setelah Alzheimer. Sama seperti dengan Alzheimer, belum ada obat-obatan medis yang bisa menyembuhkan penyakit ini, sehingga sangat penting untuk fokus pada pencegahan. Dalam penelitian, peminum kopi memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit Parkinson, dengan penurunan risiko berkisar 32-60%.

8. Kopi memberi efek perlindungan terhadap hati

Hati adalaha organ ang menakjuban yang melakukan ratusan fungsi penting di dalam tubuh. Beberapa penyakit umum yang mempengaruhi hati, termasuk sirosis, hepatitis, penyakit hati berlemak dan lain-lain. Ternyata kopi dapat mellindungi terhadap sirosis. Orang yang minum 4 cangkir atau lebih perhari memiliki hinggak risiko 80 % lenih rendah untuk terkena sirois.

9. Kopi bisa melawan depresi dan membuat anda lebih bahagia

depresi adalah gangguan ental yang serius yang dapat mengurangi kualitas hidup secara signifikan. Hal ini sangat umum dan sekitar 4,1% penduduk Amerika Serikat saat ini memenuhi kriteria untuk depresi klinis. Dalam studi Harvard yang diterbitkan pada 2001, wanita yang minum 4 cangkir atau lenih per hari memiliki risiko 20% lebih rendah untuk mangalami depresi. Studi lain dengan 208.424 sampel manusia menemukan bahwa mereka yang minum 4 cangkir atau lebih perhari, 53% lebih kecil kemungkinan untuk bunuh diri.

10. peminum kopi memiliki risiko rendah dari beberapa jenis kanker

kanker adalah salah satu penyebab kematian terkemuka di dunia. Penyakit ini ditandai oleh pertumbuahan yang tidak terkontrol dari sel-sel dalam tubuh. Kopi tampaknya melindungi terhadap dua jenis kanker, yakni kanker hati dan kanker kolorektal. Kanker hati adalah penyebab utama ketiga kematian akibat kanker di dunia, sementara kanker usu besar (kolorektal)menempati urutan keempat.

11. Kopi tidak menyebabkan penyakit jantung malahan dapat menurunkan risiko stroke

Kopi dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, yang biasanya berkurang seiring waktu. Peminum kopi tidak memiliki peningkatan risiko penyakit jantung, malaan memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena stroke.

12. Kopi adalah salah satu sumber antioksidan

Kopi mengandung sejumlah besar antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit degeneratif, selain itu juga bermanfaat bagi kecantikan kulit.


masih takut untuk minum kopi?
nah itulah beberapa manfaat kopi, bukan hanya untuk temen begadang :D.
semoga bermnfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »