AIR TERJUN PLETUK PONOROGO


Air terjun pletuk atau dikenal jugadengan nama Coban Temu memiliki ketinggian 30 meter dan berada diatas ketinggian 450 mdpl dengan curah hujan yang dimilikinya cukup tinggi. Kawasan ini dikelilingi oleh perbukitan yang menjulang tinggi dan ditumbuhi oleh sejumlah tanaman. Sayangnya tempat yang potensial tersebut kurang diperhatikan oleh pemerintah setempat. Saat ini Air terjun pletuk dikelola oleh warga sekitar. 

Air terjun Pletuk terletak di Dusun Kranggan, Desa Jurug, Kecamatan Sooko, Kab. Ponorogo, Jawa Timur (GPS: 7°53'22"S   111°41'10"E). Berjarak sekitar 30 km. dari pusat kota Ponorogo, atau tepatnya sebelah selata Kec Pulung. Kalau dari kota Ponorogo bisa menggunakan angkutan umum, namun tidak sampai ke lokasi air terjun, musti berjalan cukup jauh, atau menggunaka jasa ojek (kalau ada). Di sekitar lokasi air terjun juga kerap dijadikan Buper (bumi perkemahan).


Air terjun Pletuk merupakan salah satu air terjun yang terletak di lereng Gunung Wilis.Lereng Gunung Wilis menyimpan begitu banyak keindahan yang belum terjamah dan diketahui khalayak umum, salah satunya Air Terjun Pletuk, dan masih banya lagi yang lainnya.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »