AIR TERJUN COBAN LAWE PUDAK PONOROGO, PESONA DITENGAH RIMBUNYYA HUTAN



Mungkin untuk masyarakat Pudak Pulung Sooko sudah tidak asing lagi dengan air terjun yang satu ini. Air terjun Coban Lawe merupakan salah satu destinasi wisata di Kab Ponorogo, tepatnya di Desa Kec Pudak Kab Ponorogo. Sekitar 33 km dari pusat kota menuju arah timur. Perlu diketahui di Kec Pudak terdapat destinasi wisata lain, seperti tanah goyang, puncak Khayangan, dan mungkin masik banyak lagi yang belum terjamah sama sekali.

Untuk rute perjalanan bisa melewati Ponorogo-Pulung-Sooko-Pudak atau Ponorogo-Pulung -Pudak. Tapi saya saranin untuk berangkat lewat rute Ponorogo-Pulung-Sooko-Pudak, bukan tanpa alasan untuk memilih rute ini, karena dalam perjalana akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan, seperti luasnya hamparan perkebunan minyak kayu putih di Suku. Dan juga akan melewati hutan jati di perjalanan dari Pulung ke Sooko, seperti ke dalam hutan. Serta bisa menikmati hamparan sawah di sepanjang perjalanan. Setelah sampai di Kec Sooko bisa mampir dulu ke Air terjun Pletuk, atau ke Goa Maria, yang tidak kalah menarik.

Baca juga : AIR TERJUN PLETUK PONOROGO

Untuk Jalur ke Pudak dari Sooko cukup menantang nyali, pasalnya trak nya seperti ular yang naik ke pohon. Akan melewati tanjakan curam yang berkelok, parahnya lagi itu jalan sebelah kanan tebing sebelah kirinya jurang. Akan tetapi mata akan dimanjakan dengan hutan pinus yang berbaris, serta perkebunan warga yang menarik. Seperti memasuki kawasan agrowisata tanpa bayar tiket masuk. Di sepanjang perjalana aja mata sudah dimanjakan dengan keindahan alam yang sungguh luar biasa, apalagi di tujuan utamanya.

Untuk menuju air terjun trak nya lebih menantang lagi, hanya bisa dilewati kendaraan roda dua saja, dan itupun hanya jalan setapak yang digunakan warga sekitar. kiri gampengan (tebing rendah) kanan jurang yang cukup dalam. Bukanya nakut-nakutin tp emang itu kenyataanya :). Lalu untuk menuju ke air terjunya musti jalan kaki lagi, jadi kendaraan diparkir diatas. dilanjutkan dengan jalan kaki menyusuri sungai. nah tibalah di air terjun pertama. Perlu diketahui air terjun coban lawememiliki beberapa tingkatan, kata warga sekitar sih ada 4 tingkat air terjun yang jarak diantaranya cukup jauh.



Nah untuk ke tingkat keduaharus jalan kaki lagi ke atas dalm hutan, dan begitupun seterusnya untuk menuju ke air terjun selanjutnya. Untuk yang suka Hacking cocok banget dah traknya. asalkan gak keterusan jalanya, kalo sampek kebablasan bisa sampai ke Kab Kediri.



Sengaja fotonya dikit, biar penasaran :). Dari pada penasaran mending langsung aja dah kesono.
Dijamin deh gak bakalan nyesel.
Et kenapa kata-kata gue jadi kayak promosi gini. yah gapapa lah emang buat promosi wisata juga :).

Untuk kembali ke Ponorogo lewat jalur Pudak-Pulung-Ponorogo, jadi tinggal turun aja. Gak pakek gas, cuman butuh rem aja.

Ya cukup sekian artikel kali ini, sebenarnya masih banyak yang bisa dikupas mengenai air terjun Coban Lawe. Tp mungkin lain kali saja.

Dan akhirnya seperti biasa.
Semoga bermanfaan, dan lestarikan alam Indonesia, jangan dirusak, dan jangan buang sampah sembarangan .

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »