ARTI STATISTIK DAN STASTITIKA (STATISTIK DASAR)


Pengertian satatistik itu berasal dari kata state (Yunani), yaitu negara dan digunakan untuk urusan negara. Sementara itu ilmu statistik dulu banyak digunakan untuk menggambarkan keadaan dan menyelesaikan problem-problem kenegaraan saja. Seperti perhitungan banyaknya penduduk, pembayaran pajak, mencatat pegawai yang masuk dan keluar, membayar gaji pegawai, mencatat perkembangan hasil kebun, dll. Namun, di era globalisasi ini hampir semua bidang menggunakan statistik, bergantung pada masalah yang dijelaskan oleh nama statistik itu sendiri. Misalnya pendidikan, kedokteran, pertanian, psikologi, d.

Jadi dari uraian diatas dapat dikatakan bahwa statistik adalah rekapitulasi darifakta yang berbentuk angka-angka disusun dalam bentuk tabel dan diagram yang mendeskripsikan suatu permasalahan.

Jenis-jenis tabel:

  1. Tabel biasa
  2. Tabel Kontingen
  3. Tabel Distribusi frekuensi
Jenis-jenis diagram:
  1. Diagram batang
  2. Diagram garis atau grafik
  3. Diagram lambang
  4. Diagram peta, dll.
Untuk memperoleh sejumlah informasi yang menjelaskan masalah untuk ditarik kesimpulan yang benar, harus melalui beberapa proses, aitu proses pengumpulan informasi, pengolahan informasi, dan proses penarikan informasi. Semua itu memerlukan pengetahuan tersendiri yang disebut statistika.

Ada 3 landasan kerja statistik, yaitu:
  1. Variasi, didasarkan atas kenyataan bahwa seorang peneliti selalu menghadapi persoalan dan gejala yang bermacam-macam (variasi) baik dalam tingkatan dan jenisnya
  2. Reduksi, hanya sebagian dan seluruh kejadian yang hendak diteliti (penelitian sampling).
  3. Generalisasi, penelitian dilakukan tehadap sebagian dari seluruh kejadian yang hendak diteliti, namun kesimpulan dari penelitian ini akan diperuntukan bagi keseluruhan gejala yang hendak diambil.
Karakteristik atau ciri-ciri pokok statistik
a. Data Kuantitatif
Angka statistik sebagai jumlah atau frekuensi atau sebagai nilai/harga. contoh:

  • Jumlah pegawai Pemda kota Ponorogo
  • Jumlah dosen UNPAM yang diangkat tahun 2013
  • Harga cabe-cabean tahun 2015

b. Data kualitatif
Angka statistik sebagai nilai yang dalam penyajianya nanti diwujudkan dalam angka. contoh

  • Nilai kepribadian
  • Nilai kecerdasan Mahasiswa
  • Kualitas sekolah
  • Mutu pemberdayaan guru

c. Data Bersifat Objek
Statistik bekerja dengan angka, sehingga berdifat objektif, artinya angka ststid=stik dapat digunakan sebagai pencari fakta, pengungkap kenyataan yang ada dan memberikan keterangan yang benar, kemudian menentukan kebujakan sesuai fakta dan semuanya diungkapkan apa adanya

d. Statistik bersifat Universal (umum).
Statistik tidak hanya digunakan dalam salah satu disiplin ilmu saja, tetapi dapat digunakan secaraumum dalam berbagai entuk disiplin ilmu pengetahuan dengan penuh keyakinan.

Kegunaan Statistik

a. Komunikasi
Sebagai penghubung beberapa pihak yang menghasilkan data statistik atu berupa analisa statistik, sehingga beberapa pihak tersebut daptat mengambit keputusan melalui informasi tersebut

b. Regresi
Meramalkan pengaruh data yang satu dengan yang lainya dan untuk mengatisipasi gejala-gejala yang akan datang

c. Korelasi
Untuk mencari kuatnya atau besarnya hubungan data dalam suatu penelitian

d. Komparasi
Membandingkan data dua kelompok atau lebih

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »