Telaga Ngebel Ponorogo


Telaga ngebel merupakan salah satu destinasi wisata di Kab Ponorogo. berjarak sekitar 30 km dari pusat kota. Telaga ngebel merupakan telaga alami yang terletak di kaki Gunung Wilis, tepatnya di Kec. Ngebel, Kab Ponorogo, Jawa Timur.

Telaga Ngebel memiliki keliling sekitar 5 km (cuku kapek kalo mengelilinginya dengan jalan kaki :D). Berada di ketinggian 734 mdpl dengan suhu sekitar 20 - 26 derajat celcius, bisa dibayangin dingin nan sejuk udaranya (dingin tanpa ac).



Di Telaga Ngebel pada tanggal 1 Suro (1 Muharam dalam kalender islam) yang merupaka tahun baru dalam kalender jawa diadakan Larung Risalah Do'a (dulunya Larung Sesaji), yang merupakan runtutan acara Grebeg Suro selain Festival Reog Nasional, Kirab Budaya, Kirab Pusaka, dan masih banyak acara lainnya.




Dalam prosesi Larung Risalah Do'a sebelum tumpeng di larung ada iring-iringan tumpeng menuju Telaga, kemudian Tumpeng dibawa ke tengah telaga menggunakan rakit oleh satu orang dengan berenang. Selain Larungan ada juga tari-tarian, Reog, dan masih banyak hiburan masyarakan yang diselenggarakan.

Pokoknya meriah deh.. Nyesel kalo gak ke Ponorogo pas Suro.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »